Facebook | My Facebook Terima kasih telah mengunjungi blog www.the-volux.blogspot.com
Ocean Blue Flame


Cara Install Ulang OS Blackberry ( Error / Gagal Booting )


Gagal Booting/load

Kebetulan BB milik teman saya hanya mengalami gagal booting atau biasa disebut "Nuked BB" tanda nya dilihat dari jumlah kedipan lampu indikator berkedip 4 kali seperti kode morse kodenya 1111 atau artinya gagal load OS ,cara memperbaikinya bisa dengan lepas baterai selama -/+ 1 jam kalau tidak bisa juga dengan cara instal OS ulang,dan cara ini terbukti cukup ampuh untuk membuat BB hidup kembali seperti BB punya teman saya itu dengan cara di instal OS baru yang sampai sekarang tidak ada masalah lagi,normal seperti sebelum rusak.


Bagaimana cara memperbaiki Blackberry (BB) yang mati suri karena gagal booting ,tandanya layar benar-benar mati total hanya lampu indikator (LED) yang berkedip-kedip dengan warna merah,sekedar berbagi cerita mengakali kejadian seperti itu yang kebetulan dialami oleh salah seorang teman saya ,handset blacberry tipe Davis 9220 miliknya tidak mau menyala atau gagal boot ,untuk penyebabnya sendiri saya kurang begitu tahu.

Cara memperbaiki BB mengalami gagal booting/load (Nuked Blackberry )

screenshoot instal device manager pict by http://kradakan.blogspot.com
  • Driver BB atau disebut Desktop manager bisa di intal dari CD sofware BB atau jika tidak ada bisa ambil di Blackberry .com , langsung instal untuk mempercepat karena lumayan lama proses instalnya.
  • OS (operating System ) BB sesuai dengan model handset anda,bisa ambil disini pilihan OS nya ,Untuk OS Blackberry bisa di cari Disini.
  • PC/Notebook ,kebetulan di PC saya menggunakan XP, untuk OS PC yang lain saya tidak tahu bisa atau tidak.
Langkah-langkah nya sebagai berikut .

  • Setelah semua bahan dan alat nya siap ,close /matikan desktop manager.
  • Instal OS yang telah di download (desktop manager jangan di jalankan ),setelah terinstal cari folder APP Loader , caranya masuk Program C /Program Files / Common Files /Research in Motion /App Loader ,hapus file " vendor xml " di bagian paling bawah.
  • Jalankan App Loader klik dua kali shortcut Loader (ikon ponsel),sekarang hubungkan BB ke PC ,sebelumnya Baterai harus dilepas supaya bisa ke detect.
pict by http://kradakan.blogspot.com

Setelah BB tehubung ,di wizard App Loader akan muncul USB-PIN Unknow ,pilih next langsung pasang baterai BB secepatnya ,jika gagal ke tahapan berikutnya ulangi lagi karena disini prosesnya harus cepat.

screenshoot app loader pict by http://kradakan.blogspot.com

Note : Jika minta Pasword masukan pasword kunci telepon BB anda jangan PIN ,ingat dibatasi 10 kali saja ,jangan sampai salah sampai 10 kali .
Jika benar akan terbuka pilihan Device application selection (piihan Opsional) ,jika bingung aplikasi mana yang dipilih  tandai saja semuanya ,pilih next, layar BB akan menyala kosong berwarna putih,proses udate akan berjalan secara otomatis yang memerlukan waktu lumayan lama ,mungkin ini proses flashing ponsel paling lama yang pernah saya lakukan ( jika proses update gagal terhenti di tengah jalan pastikan bahwa baterai terisi penuh dan ulangi lagi ) biarkan sampai selesai jika muncul pesan di wizard App loader menampilkan "Updating succesfully" klik close,BB akan restart dengan sendirinya,selesai.

screenshoot by http://kradakan.blogspot.com

screenshoot by http://kradakan.blogspot.com

Apabila cara tersebut tidak berhasil kemungkinan juga bisa karena IC flash rusak ,jika demikian mau tak mau harus ganti IC Flash yang bru bisa di bawa ke tukang service handphone di kota anda.
Bagaimana mudah bukan apalagi bagi yang sering Flashing Ponsel pasti tidak akan banyak menemui kesulitan ,demikian pengalaman saya memperbaiki Blackberry Davis 9220 karena gagal booting dengan cara di iinstal OS baru/update OS,dan cara ini juga bisa untuk mengatasi masalah yang sama di  tipe BB yang lain ,tinggal cari OS yang sesuai dengan tipe BB anda .


Sumber : Pilah Pilih


Related Articles



21 Response to "Cara Install Ulang OS Blackberry ( Error / Gagal Booting )"

  1. Pocoyo says:

    gan, jika paswordnya lupa gimana solusinya gan? ditambah usb putus nyambung terus menerus. berbagai sofware buat nge hapus os pun sudah saya coba. ttp tak bisa.
    mohon bantuannya gan...
    bb davis

    Unknown says:

    Sangat membantu gan tutorial nya..
    BB Davis ane sekarang udah kembali normal berkat info agan..
    :)

    Tapi pas connect USB, PIN ane disitu bukan UNKNOWN, tapi PIN yang sebelumnya.

    Unknown says:

    kolo punya ga bisa kedetek oleh usb gmna. mnta solisinya donk

    heee davis g ada dukune

    Dwiki says:

    kalo yang saya download dari telkomsel apakah bisa saya connect dengan kartu indosat?? mohon pencerahan nya gan!!!

    Jasa Import Borongan door to door Guangzhou to Jakarta

    COMODITY :
    1. Acc Hp/Computer : Rp. 3.700.000/M3
    2. Battery : Rp. 3.700.000/M3
    3. Carpet : Rp. 3.900.000/M3
    4. Garment : Rp. 4.300.000/M3
    5. General(PVC Stuff, Lock, Clock, etc : Rp. 3.400.000/M3
    6. Houseware : Rp. 3.400.000/M3
    7. Shoes : Rp. 3.800.000/M3
    8. Spare Part (non Engine) : Rp. 3.400.000/M3
    9. Stationery/Atk : Rp. 3.400.000/M3
    10. Textile (carton, non roll) : Rp. 4.700.000/M3
    11. Toys : Rp. 3.700.000/M3
    12. Vaporizer/e-Cigarette : Rp. 3.800.000/M3
    13. Velg : Rp. 3.700.000/M3
    14. Walkie talkie : Rp. 3.800.000/M3

    USA to JKT 185.000/kg
    JPN to JKT 165.000/kg
    SING to JKT 65.000/kg


    Hubungi kami
    bestcargo@hotmail.co.id

    The VoluX says:

    wiki aria wadi@ : bs aj gan..,
    tp klo bs d samain aj..,

    bb davis matot setelah buka loader diminta memasukan kode . 10 kali salah kode. dan hape gak ke detect lagi di komputer ktika usb dicolokin. solusinya gmn gan ?

    Unknown says:

    Syukron master

    tagulagai says:

    hemmm..

    Unknown says:

    gan mohon bantuannya,,, kalo usb nya gak nyambung ke BBdestop software gmna caranya nyambungin?????? tadi proses mau selesai komputernya mati,,

    Unknown says:

    bohong lah

    Raisnime says:

    gan gmn cara masukin passwordnya sya bingung?
    mohon bntuannya gan....

    Unknown says:

    Klo bb minta pin bluetooth gmna gan caranya...bb ane led nya kedip 4x

    Unknown says:

    gue lupa pasword bb gue gimana caranya

    Unknown says:

    saya lupa pasword bb saya gimana

    Unknown says:

    penyakit sma tapi obat terkadang beda

    Unknown says:

    bagi yg lupa sandi ,,tinggal masukan sandi 10x yg salah ,ntar juga bisa boting sa,at flasing.ma,af sekedar info.

    Unknown says:

    Gsn setelah muncul usb pin unknow klik nex muncul kotak pasword gimsna gan ?

    Unknown says:

    Gsn setelah muncul usb pin unknow klik nex muncul kotak pasword gimsna gan ?

    saya ngeflash bb 9320 pake bbsak,terus saya lgsg wife semua datanya soalnya saya baru nyoba, jadi skrg hpnya mati gaada osnya
    mohon solusinya

Post a Comment